PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOX BUDI (BUDAYA INDONESIA) MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KUPANG 01 KECAMATAN AMBARAWA


Ines Yuan Apriliana Dewi, 1401416435 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOX BUDI (BUDAYA INDONESIA) MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KUPANG 01 KECAMATAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA  POP UP BOX BUDI (BUDAYA INDONESIA)  MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  SISWA KELAS IV SDN KUPANG 01  KECAMATAN AMBARAWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOX BUDI (BUDAYA INDONESIA) MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KUPANG 01 KECAMATAN AMBARAWA) - Submitted Version
Download (999kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Dewi, Ines Yuan Apriliana. 2020. “Pengembangan Media Pop Up Box BUDI (Budaya Indonesia) Muatan Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kupang 01 Kecamatan Ambarawa. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Fitria Dwi Prasetyaningtyas, S. Pd., M. Pd. 330 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru tidak bervariasi dan model pembelajaran masih konvensional serta materi yang diberikan terbatas yaitu bersumber pada buku siswa. Akibatnya siswa kesulitan memahami materi IPS. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah desain pengembangan media pop up box BUDI (Budaya Indonesia) muatan pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kupang 01 Kecamatan Ambarawa?; (2) Apakah media pop up box BUDI (Budaya Indonesia) muatan pembelajaran IPS layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kupang 01 Kecamatan Ambarawa?; (3) Apakah media pop up box BUDI (Budaya Indonesia) muatan pembelajaran IPS efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kupang 01 Kecamatan Ambarawa? Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran pop up box BUDI berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba produk kemudian diterapkan pada uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunkan teknik analisis data meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan t-test. Hasil pengembangan berupa media pop up box BUDI (Budaya Indonesia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi dan media sebesar 91,66% (sangat layak) dan 88,33% (sangat layak). Hasil belajar kognitif siswa pada nilai pretest dan posttest dengan uji perbedaan rata-rata (t-test) diperoleh thitung sebesar 11,777 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,048 dan uji peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,528 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pop up box BUDI berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kupang 01 materi keragaman budaya Indonesia. Saran terhadap penelitian ini adalah media pop up box BUDI dapat digunakan untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, guru hendaknya dapat mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pihak sekolah dapat menggunakan penelitian ini sebagai upaya perbaikan kegiatan belajar mengajar, dan peneliti dapat memberikan kontribusi untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran dengan mengembangkan media pop up box BUDI sebagai bekal saat terjun kedunia pendidikan. Kata kunci: budaya Indonesia; IPS; pop up box

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: budaya Indonesia; IPS; pop up box
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:52
Last Modified: 18 Dec 2020 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42211

Actions (login required)

View Item View Item