PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL


Meisyiah Widoningrum, 1401416193 (2020) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL) - Submitted Version
Download (513kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Widoningrum, Meisyiah. 2020. Pengembangan Buku Saku Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Hartati, M. Pd. 262 halaman. Berdasarkan kegiatan pra penelitian di SD Negeri 1 Protomulyo Kabupaten Kendal diperoleh data hasil belajar siswa kelas V pada aspek menulis karangan narasi belum optimal yang mana dari 33 siswa terdapat 13 siswa yang belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan oleh rendahnya keterampilan menulis siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang dapat menunjang berlangsungnya pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media buku saku sebagai media pembelajaran pada materi menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 6 tahapan karena adanya pandemi Covid-19 yakni: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 1 Protomulyo, pakar/ahli, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data awal berupa uji normalitas dan analisis data akhir berupa uji-T dan N-gain dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku menulis karangan narasi dinyatakan sangat layak uji dengan persentase kelayakan 88,64% oleh ahli media dan dengan persentase kelayakan 94,64% oleh ahli materi, hasil rata-rata nilai siswa sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) yaitu 58,33 dan setelah mendapatkan perlakuan (posttest) yaitu 83,33. Persentase peningkatan hasil unjuk kerja menulis karangan narasi yakni sebesar 78%. Buku saku menulis karangan narasi juga efektif digunakan sebagai media pendukung pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi, terlihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar 30.000 lebih besar dari ttabel 2,262. Hasil perhitungan N-gain berkategori sedang sebesar 0,61 sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku menulis karangan narasi efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Kata Kunci: buku saku; menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku; menulis karangan narasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:22
Last Modified: 18 Dec 2020 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42185

Actions (login required)

View Item View Item