KEEFEKTIFAN MODEL DISKURSUS MULTY REPRECENTACY BERBANTUAN RODA BERPUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS NONFIKSI KELAS IV SDN GUGUS DUOROWATI SEMARANG


Rebecca Felicia, 1401416417 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISKURSUS MULTY REPRECENTACY BERBANTUAN RODA BERPUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS NONFIKSI KELAS IV SDN GUGUS DUOROWATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL  DISKURSUS MULTY REPRECENTACY BERBANTUAN RODA BERPUTAR  TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS NONFIKSI KELAS IV SDN GUGUS DUOROWATI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISKURSUS MULTY REPRECENTACY BERBANTUAN RODA BERPUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS NONFIKSI KELAS IV SDN GUGUS DUOROWATI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Felicia, Rebecca. 2020. Keefektifan Model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan Media Roda Berputar Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Nonfiksi Siswa Kelas IV SDN Gugus Duorowati Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing, Nugraheti Sismulyasih, SB, S.Pd., M.Pd. 194 halaman. Dari hasil observasi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus Duorowati Semarang, siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks nonfiksi. Siswa kesulitan menulis teks nonfiksi yang sesuai dengan kriteria dan konteks yang diharapkan oleh guru. Ada faktor yang mempengaruhi hasil belajar menulis teks nonfiksi, diantaranya model dan media pembelajaran. Model pembelajaran yang yang digunakan belum mengarah pada model yang seutuhnya. Selain model, media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga kurang menarik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini model pembelajaran diskursus multy reprecentacy menggunakan media roda berputar. Alasan penggunaan model ini karena dapat membantu siswa lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran. Media roda berputar dipilih karena media tersebut merupakan media interaktif yang dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy menggunakan media roda berputar terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas IV SDN Gugus Duorowati Semarang. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Duorowati Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 87 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 77. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (2,6150) > ttabel (1,6747) dapat diatikan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy menggunakan media roda berputar lebih besar dibandingkan model example non example. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,4959 < 0,6105). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Keaktifan siswa sangat baik dengan rata-rata 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskursus multy reprecentacy menggunakan media roda berputar efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas IV. Saran bagi guru hendaknya memilih media dan model yang dapat memberikan motivasi siswa untuk aktif di kelas. Berdasarkan keefektifan model dan media yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemilihan model dan media yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci: diskursus multy reprecentacy, roda berputar, menulis teks nonfiksi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: diskursus multy reprecentacy, roda berputar, menulis teks nonfiksi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:15
Last Modified: 18 Dec 2020 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42163

Actions (login required)

View Item View Item