PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Ainun Salsabila, 4301416076 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416076.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Studi dalam penelitian ini menyelidiki pengaruh kemampuan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis. Salah satu kemampuan siswa yang dibutuhkan dalam kurikulum 2013 adalah kemampuan metakognitif. Beberapa hasil penelitian menunjukkan kemampuan metakognitif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Peneliti tertarik untuk menjelaskan keterkaitan kemampuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran kimia. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kemampuan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian dirancang sebagai penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa berasal dari kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Ungaran. Data penelitian diperoleh menggunakan angket metakognitif dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis PLS (Partial Least Square) berbantuan software SmartPLS 3.0. Hasil analisis dengan teknik PLS menunjukkan terdapat dua model yang berhasil diperoleh yaitu model #1 disebut sebagai model awal dan model #2 sebagai model akhir. Berdasarkan justifikasi analisis, model #2 dianggap sebagai model penelitian yang paling baik. Pada model #2, nilai korelasi kemampuan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,625 (t-statistik 10,941 > t-tabel 1,995, =5%,), sehingga dapat disimpulkan kemampuan metakognitif memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, PLS (Partial Least Square).
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:20
Last Modified: 17 Dec 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42128

Actions (login required)

View Item View Item