ANALISIS KETERPADUAN MATERI ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi di SMP Negeri 21 Semarang)


Prawesti Wulandari, 3601415046 (2020) ANALISIS KETERPADUAN MATERI ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi di SMP Negeri 21 Semarang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601415046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran IPS guru dituntut untuk menggunakan pendekatan saintifik dan mengajarkan secara terpadu . Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui guru dalam mengintegrasikan materi IPS dari latar belakang guru yang monodisiplin (2) untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan materi pada mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui cara guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran IPS. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan, hasil pengamatan, dan dokumen. Alat dan teknik pengumpulan data adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengintegrasian materi IPS di SMP Negeri 21 Semarang sudah dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan model pembelajaran terpadu jaring laba-laba, dan integrated (2) selain itu pengembangan materi yang dilakukan oleh guru dengan cara mencari sumber belajar yang lain dari berbagai buku dan internet serta membuat buku diktat yang memuat materi-materi pelajaran IPS, (3) Evaluasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Semarang, tidak hanya dilakukan di akhir proses pembelajaran selesai tetapi juga dilakukan pada proses pembelajaran. Evaluasi tersebut mencakup pengetahuan yang meliputi tes tertulis, tes lisan dan penugasan, keterampilan yang meliputi penilaian praktik, portofolio, dn pembuatan power point, serta penilaian sikap, penilaian ini dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, saran yng dapat peneliti berikan yaitu guru perlu meningkatkan intensitas kegiatan diskusi dengan sesama guru IPS baik dalam forum MGMP maupun forum-forum diskusi lain yang berkaitan. Dari kegiatan tersebut diharapkan guru memperbanyak model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Selain itu, hendaknya semua guru IPS melakukan pengembangan bahan ajar dengan membuat buku diktat sehingga siswa tidak hanya terpaku pada satu sumber buku IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterpaduan IPS, Pengembangan Materi, Evaluasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:32
Last Modified: 17 Dec 2020 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42111

Actions (login required)

View Item View Item