PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIFRAKSI CAHAYA BERBASIS ANALISIS TRACKER
Diah Ayu Istiqomah, 4201416010 (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIFRAKSI CAHAYA BERBASIS ANALISIS TRACKER. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Hasil PISA kategori Sains tahun 2018 yang dicapai siswa Indonesia dalam kategori rendah yakni berada pada urutan 70 dari 78 negara peserta. Salah satu mata pelajaran yang didalamnya terdapat proses sains yaitu mata pelajaran Fisika pada materi difraksi cahaya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul praktikum difraksi cahaya dengan bantuan analisis Tracker, kelayakan dan tanggapan dari responden. Mdel pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prosedural deskriptif , menurut Borg and Gall (1989). Dalam penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Fisika pada semester genap 2019/2020. Teknik pengumpulan data berupa observasi jurnal, angket kelayakan dan tanggapan mahasiswa fisika yang telah menempuh mata kuliah gelombang. Instrumen penelitian berupa modul praktikum, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis kelayakan modul hasil validasi ahli, dan analisis tanggapan mahasiswa terhadap modul dari uji coba terhadap 10 mahsiswa fisika. Hasil penelitian diperoleh modul praktikum difraksi cahaya berbasis analisis Tracker terdiri atas uraian teori, langkah kerja, analisis,soal evaluasi, dan juga dilengkapi dengan panduan penggunaan tracker guna menganalisis peristiwa difraksi cahaya.Dalam modul terdapat dua jenis percobaan yaitu mencari panjang gelombang menggunakan tracker dengan sumber cahaya monokromatik pada kisi 100 garis/mm 594,3±27,3 ???????? dengan kesalahan relatif 4,59%. Pada kisi 300 garis/mm panjang gelombang sebesar 615,2±13,8 ???????? dengan kesalahan relatif 2,24%. Pada kisi 600 garis/mm panjang gelombang yang didapat sebesar 626,6±9,6 ???????? dengan kesalahan relatif 1,52% dan pada sumber cahaya polikromatik kesalahan relatif dari 0,17 % sampai 7,14% pada semua kisi yang digunakan Hasil penelitian juga menunujukan bahwa modul yang digunakan dengan analisis berbasis tracker memenuhi kriteria sangat layak dengan skor 88% menurut hasil validasi ahli begitu juga hasil tanggapan mahasiswa yaitu dalam kriteria sangat baik dengan skor 88%. Modul praktikum difraksi cahaya berbasis analisis tracker dinyatakan sangat layak dari hasil validasi ahli, dan kriteria sangat baik dari hasil tanggapan mahasiswa fisika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul praktikum, Difraksi Cahaya, Tracker |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42104 |
Actions (login required)
View Item |