PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA


Intan Cahyaningrum, 4301416018 (2020) PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA]
Preview
PDF (PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia kreatif dan mandiri. Pendekatan ilmiah untuk menjadikan siswa yang kreatif dan mandiri dapat dilakukan dengan cara menyelidiki dan mencari tahu melalui pembelajaran guided inquiry dimana siswa mempunyai kesempatan yang luas untuk mencari dan menemukan sendiri apa yang dibutuhkannya. Hal ini sangat erat kaitannya dengan mata pelajaran Kimia yang lingkup pembelajarannya terdiri dari serangkaian kegiatan (proses) yaitu dengan kegiatan praktikum. Dalam kegiatan praktikum, siswa mengembangkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa masih rendah sehingga perlu pembelajaran yang mengarah pada terciptanya suasana kegiatan penyelidikan agar dapat memunculkan keterampilan proses sains yaitu pembelajaran dengan metode praktikum berbasis guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis guided inquiry berbantuan virtual irydium chemlab terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi titrasi asam-basa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin. Sampel dalam penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel ditentukan secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pre test-post test control group design. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, metode tes dan metode angket. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa treatment berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung (2,15) > ttabel (1,67). Keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 85,87% dan 82,54% dengan kategori sangat baik dengan hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata skor 32,1. Berdasarkan nilai uji pengaruh antar variabel didapatkan hasil korelasi biserial sebesar 0,281 sehingga besarnya koefisien determinasi 7,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode praktikum berbasis guided inquiry berbantuan virtual irydium chemlab terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi titrasi asam-basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, keterampilan proses sains, praktikum, virtual irydium chemlab.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:39
Last Modified: 17 Dec 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42095

Actions (login required)

View Item View Item