KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA VIDEO FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII


Dwi Yuni Azkiyani, 2101416068 (2020) KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA VIDEO FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA VIDEO FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA VIDEO FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Peserta didik diharapkan mampu menguasai empat aspek keterampilan berbahasa tersebut. Keterampilan menyajikan teks secara tulis merupakan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 revisi pada aspek keterampilan. Proses pembelajaran di kelas sangat mempengaruhi motivasi peserta didik dalam melakukan tahapan menulis teks eksplanasi. Perlu adanya kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini mengkaji tiga masalah, yaitu: (1) bagaimanakah Keefektifan Keterampilan Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model Think Pairs Share (TPS) dengan Media Video Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII, (2) bagaimanakah Keefektifan Keterampilan Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model Brainwriting dengan Media Video Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII, (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan antara Keefektifan Keterampilan Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model Think Pairs Share (TPS) dan Model Brainwriting dengan Media Video Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Thin Pairs Share dan model Brainwriting berbantuan video film dokumenter pada peserta didik kelas VIII SMP. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen kuasi atau nonequivalent control group design. Pada desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Semarang dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 (model Think Pair Share) dan VIII B kelas eksperimen 2 (Model Brainwriting). Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Think Pairs Share berbantuan media video film dokumenter pada peserta didik kelas VIII efektif. Terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen 1 dapat dilihat bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. (2) Pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Brainwriting berbantuan media video film dokumenter pada peserta didik kelas VIII efektif. Terdapat perbedaan rata-rata pretest dan posttes kelas eksperimen 2, dapat dilihat bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. (3) Pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Think Pairs Share berbantuan media video film dokumenter pada peserta didik kelas VIII SMP lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Brainwriting berbantuan media video film dokumenter pada peserta didik kelas VIII SMP. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji beda rata rata diketahui nilai sig (2-tailed) adalah 0,012. Nilai 0,012 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, guru Bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model Think Pairs Share sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tulis karena telah teruji keefektifannya. Peneliti lain dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi dan dapat dikaji lebih lanjut untuk mengetahui kebaruan dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA VIDEO FILM DOKUMENTER
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:39
Last Modified: 17 Dec 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42094

Actions (login required)

View Item View Item