PERBEDAAN PERCEIVED TRUSTWORTHINESS MAHASISWA PEMBERI DONASI PADA PENGGALANG DANA DITINJAU DARI JENIS ONLINE PLATFORM YANG DIGUNAKAN


Aulia Satrio Wibowo, 1511416010 (2020) PERBEDAAN PERCEIVED TRUSTWORTHINESS MAHASISWA PEMBERI DONASI PADA PENGGALANG DANA DITINJAU DARI JENIS ONLINE PLATFORM YANG DIGUNAKAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN PERCEIVED TRUSTWORTHINESS MAHASISWA PEMBERI DONASI PADA PENGGALANG DANA DITINJAU DARI JENIS ONLINE PLATFORM YANG DIGUNAKAN]
Preview
PDF (PERBEDAAN PERCEIVED TRUSTWORTHINESS MAHASISWA PEMBERI DONASI PADA PENGGALANG DANA DITINJAU DARI JENIS ONLINE PLATFORM YANG DIGUNAKAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 3.0 menandai kehadiran teknologi digital dan internet. Selain mempermudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi tanpa halangan jarak dan waktu, yaitu dengan adanya media sosial, dan aplikasi chatting. Teknologi ini juga dapat menjadi sarana berdonasi, dengan menggunakan metode transaksi online. Dari berbagai kasus tidak tepat sasaran, dan penipuan berkedok donasi secara online, sehingga trust pengguna mempengaruhi keinginan berdonasi. Perbedaan metode transaksi dan keunggulan fitur-fitur yang ditawarkan media sosial ataupun crowdfunding platform, juga memberikan perbedaan perceived trustworthiness pada penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perceived trustworthiness mahasiswa pada penggalang dana di media sosial dengan crowdfunding platform, mengetahui gambaran umum perceived trustworthiness mahasiswa pada penggalang dana di media sosial, mengetahui gambaran umum perceived trustworthiness mahasiswa pada penggalang dana di crowdfunding platform. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah berdonasi secara online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 266 mahasiswa dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala perceived trustworthiness yang berisi 17 aitem dengan koefisien reliabilitas = 0,832. Hasil penghitungan dibantu dengan software pengolah data, mendapatkan hasil bahwa perceived trustworthiness mahasiswa pada penggalang dana di kedua platform donasi berada dalam kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis Mann-Whitney memperoleh nilai Z sebesar -1.915 dengan nilai signifikansi (sig.) 0,056. Dengan demikian, hipotetis yang berbunyi terdapat perbedaan perceived trustworthiness mahasiswa pemberi donasi pada penggalang dana di media sosial dan crowdfunding platform ditolak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perceived Trustworthiness, donasi, media sosial, crowdfunding platform
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:38
Last Modified: 16 Dec 2020 05:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42084

Actions (login required)

View Item View Item