KEEFEKTIFAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DEBONG KIDUL KOTA TEGAL
Dede Oktrinita, 1401416489 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DEBONG KIDUL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DEBONG KIDUL KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya kegiatan pembelajaran muatan IPS adalah guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran muatan IPS. Model Auditory Intellectually Repetition merupakan model pembelajaran yang menekankan aktivitas belajar yang interaktif, karena model ini membantu peserta didik untuk belajar melalui pendengaran, berpikir, dan melakukan pengulangan, materi pembelajaran yang disampaikan dengan model ini lebih menarik perhatian, sehingga timbul rangsangan belajar pada diri peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Auditory Intellectually Repetition pada tema indahnya negeriku ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Debong Kidul Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 49 peserta didik SD yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan Independent Samples T-Test dan One Sample T-Test. Hasil uji hipotesis perbedaan data kemampuan pemecahan masalah menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,075 > 2,012) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,955 > 2,012). Hasil uji keefektifan data kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (48,053 > 1,710), dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (74,906 > 1,710). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Auditory Intellectually Repetition efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Debong Kidul Kota Tegal. Disarankan guru hendaknya menggunakan model Auditory Intellectually Repetition agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada tema Indahnya Negeriku muatan pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Auditory Intellectually Repetition |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 02:56 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 02:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42080 |
Actions (login required)
View Item |