PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA


Widya Riyani, 4401415089 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4401415089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis untuk membantu peserta didik, selain itu modul dapat memonitor kegiatan peserta didik, dan dapat memberikan saran, petunjuk serta informasi balikan tingkat kemajuan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik modul, kevalidan dan tanggapan keterbacaan modul perubahan lingkungan berbasis STEM. Metode penelitian menggunakan RnD yang dimodifikasi dari Sugiyono dengan 8 tahap, jenis data berupa validitas modul, keterbacaan modul dan tanggapan modul. Hasil validasi ahli materi (82,34%), ahli media (94,2%), tanggapan guru (86%), dan tanggapan peserta didik (82,34%) sebanyak 4 peserta didik, peserta didik yang berkemampuan sedang (78,3%) sebanyak 8 peserta didik, dan peserta didik yang berkemampuan rendah (73,4%) sebanyak 4 peserta didik, untuk presentase rata-ratanya (79,73%) dengan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah modul berbasis STEM pada materi perubahan lingkungan yang memiliki karakteristik membahas materi perubahan lingkungan dengan pendekatan STEM untuk membangun karakter peduli terhadap lingkungan layak digunakan untuk mengajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbasis STEM, Modul, Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:38
Last Modified: 15 Dec 2020 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42057

Actions (login required)

View Item View Item