KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 BOTEKAN KABUPATEN PEMALANG


Desy Maya Amariani, 1401416290 (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 BOTEKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 BOTEKAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 BOTEKAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran matematika adalah kurang optimalnya guru dalam menggunakan media pembelajaran, terutama pada media yang berbasis multimedia. Hal ini membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa merasa bosan. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan penggunaan media animasi materi keliling dan luas bangun datar ditinjau dari motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental denga bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Botekan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 55 siswa terdiri dari kelas IV A dan IV B. Sampel dari penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SD Negeri 01 Botekan Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Independent Sample T Test dan One Sample T Test. Hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau –thitung < -ttabel (2,549 > 2,006 atau -2,549 < -2,006) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,014 < 0,05), dan uji hipotesis hasil belajar menunjukkan 2,129 > 2,006 atau -2,129 < -2,006 dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,038 < 0,05). Hasil uji hipotesis motivasi belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkann bahwa thitung > ttabel (3,426 > 1,708) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05), dan hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan 3,011 > 1,708 dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,006 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media animasi efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV. Media animasi ini hendaknya dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi karena media animasi sudah terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Animasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:44
Last Modified: 14 Dec 2020 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42040

Actions (login required)

View Item View Item