PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG


Aprilia Windi Arum Sari, 1102416021 (2020) PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen sekolah yang meliputi kepemimpinan sekolah, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan sekolah sebagai faktor pengaruh kualiatas guru yang dituntut untuk menguasai berbagai kompetensi dalam dunia pendidikan, kualitas pendidikan berpangkal pada guru untuk mencapai pendidikan yang baik. Seperti yang tertuang dalam Undang- Undang No.20 Tahun 2003 yang mengatur tentang standar nasional pendidikan, pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut melalui pengelolaan sekolah yang dipengaruhi oleh kepala sekolah, sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru dengan berbagai program. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah dalam peningkatan kompetensi guru yang dimiliki guru di SMA N 1 Bergas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 guru. Sampel penelitian berjumlah 45 guru di SMA N 1 Bergas, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang dapat digolongkan dalam penelitian asosiatif, penelitian asosiatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan atau pengaruh sebab akibat yaitu hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil pelaksanaan manajemen sekolah terhadap kompetensi guru di SMA 1 Bergas Kabupaten Semarang memiliki nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah (X) berpengaruh positif terhadap kompetensi guru (Y), sehingga persamaan regresinya adalah Y= 16,362 + 0,133 X. Dan pengujian prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Persepsi guru tentang manajemen sekolah di SMA N 1 Bergas termasuk dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata 3,32, 2) Kompetensi guru yang ada di SMA N 1 Bergas termasuk dalam kategori sangat Baik dengan nilai rata-rata 0.97, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen sekolah terhadap kompetensi guru. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan manajemen sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen sekolah, kompetensi guru, peningkatan kompetensi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:43
Last Modified: 10 Dec 2020 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41997

Actions (login required)

View Item View Item