KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU PREZI DITINJAU DARI CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI SAWOJAJAR 1


Riza Umi Istiqomah, 1401416218 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU PREZI DITINJAU DARI CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI SAWOJAJAR 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU PREZI DITINJAU DARI CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI SAWOJAJAR 1]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU PREZI DITINJAU DARI CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI SAWOJAJAR 1)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Istiqomah, Riza Umi. 2020. Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Prezi ditinjau dari Cara Berpikir Kritis dan Hasil Belaja Siswa Kelas V SD Negeri Sawojajar 1. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dra. Marjuni, M.Pd. 411. Kata Kunci: cara berpikir kritis; hasil belajar; prezi; project based learning. Implementasi kurikulum 2013 secara benar dapat mengatasi permasalahan sumber daya manusia. Di sekolah dasar, pembelajaran berupa pembelajaran tematik, dikarenakan siswa SD masih belum bisa berpikir secara parsial atau terpisah-pisah. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran tematik adalah model project based learning. Salah satu kelebihan model project based learning adalah dapat menciptakan pembelajaran bermakna serta dapat menumbuhkan kemampuan dan keterampilan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan ang dibutuhkan di abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model project based learning berbantu prezi ditinjau dari cara berpikir kritis dan hasil belajar dengan yang menggunakan model konvensional berbantu gambar dalam pembelajaran Tema 8 Subtema 1 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sawojajar 1 tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Klampok 2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Samples T Test dan One Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan cara berpikir kritis menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (6,446 > 2,048), sedangkan uji keefektifan terhadap cara berpikir kritis menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (8,967 > 1,753). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (6,176 > 2,045), sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan One Sampe T Test menujukkan nilai thitung > ttabel (11,043 > 1,753). Disimpulkan bahwa model project based learning berbantu prezi efektif terhadap cara berpikir kritis dan hasil belajar Tema 8 Subtema 1 pada siswa kelas V. Adanya peningkatan cara berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model project based learning berbantu prezi, disarankan agar guru menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: cara berpikir kritis; hasil belajar; prezi; project based learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:59
Last Modified: 03 Dec 2020 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41966

Actions (login required)

View Item View Item