KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS V SDN GUGUS BIMA TEMANGGUNG


Fathul Chasanah, 1401416091 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS V SDN GUGUS BIMA TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS V SDN GUGUS BIMA TEMANGGUNG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS V SDN GUGUS BIMA TEMANGGUNG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Chasanah, Fathul. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievemnet Divisions (STAD) Berbantuan Video Pembelajaran pada Hasil Belajar Mupel IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Bima Temanggung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd. 338 halaman. Tujuan pembelajaran IPA belum bisa tercapai dengan baik di SDN Gugus Bima Temanggung. Seperti bisa dilihat dari capaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan model dan media yang kurang bervariasi. Dari permasalahan yang ada dan data yang mendukung maka diperlukan suatu proses pembelajaran yang inovatif melalui penerapan model yang tepat dalam memecahkan masalah dalam tersebut. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu “Menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan video pembelajaran dibandingkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan video pembelajaran pada hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Bima Temanggung”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Bima Temanggung tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 104 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan rumus independent simple t-test dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar diantara kedua kelas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel (2.068 > 2.009), dan dengan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,044 < 0,05). Hasil uji n-gain juga menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA kelas eksperimen (0,6323 ) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (0,5183). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN gugus Bima Temanggung. Saran penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan pertimbangan dan alternatif bagi guru dalam strategi pembelajaran IPA atau mata pelajaran lainnya guna mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Kata Kunci: hasil belajar IPA, keefektifan, model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Video pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar IPA, keefektifan, model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Video pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:22
Last Modified: 03 Dec 2020 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41957

Actions (login required)

View Item View Item