DETERMINANT OF WHISTLEBLOWING BEHAVIOR (Studi Empiris pada PNS Bagian Keuangan Pemerintah Kabupaten Semarang)


Talitha Nahda, 7211416039 (2020) DETERMINANT OF WHISTLEBLOWING BEHAVIOR (Studi Empiris pada PNS Bagian Keuangan Pemerintah Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416039.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Whistleblowing merupakan sebuah pelaporan pelanggaran yang melawan hukum, perbuatan tidak etis atau perbuatan lain yang hanya menguntungkan diri sendiri atau kelompok tertentu yang berakibat pada kerugian bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh intensi whistleblowing, sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, komitmen professional dan komitmen organisasi terhadap perilaku whistleblowing. Populasi dalam penelitian ini adalah PNS bagian keuangan Kabupaten Semarang sebanyak 138 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik conviniance sampling yang menghasilkan 59 responden sebagai sample dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan yaitu analisis linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan komitmen profesional berpengaruh positif terhadap intensi whistleblowing dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap perilaku whistleblowing PNS bagian keuangan, sedangkan sikap berpengaruh negatif terhadap intensi whistleblowing dan intensi whistleblowing tidak berpengaruh positif terhadap perilaku whistleblowing PNS bagian keuangan. Berdasarkan penelitian ini, saran dari penulis adalah PNS bagian keuangan kabupaten Semarang bersikap yakin terhadap niat baik dalam memberantas kecurangan melalui whistleblowing dan menurunkan pandangan balas dendam sehingga intensi melakukan whistleblowing dapat meningkat. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat menggunakan indikator lain dalam mengukur variabel perilaku whistleblowing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku whistleblowing, Intensi Whistleblowing, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Komitmen Profesional, Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Populist Economy
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:18
Last Modified: 02 Dec 2020 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41899

Actions (login required)

View Item View Item