KEPERCAYAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN ISLAMIC BANKING SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah Kota Semarang)


Risti Nur Fitriyanti, 7101416281 (2020) KEPERCAYAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN ISLAMIC BANKING SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416281.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan bank syariah semakin tinggi maka pelaku bisnis industri perbankan sangat merasakan tingkat persaingan yang semakin ketat sehingga Bank Syariah harus memiliki daya saing yang ungggul yaitu dengan memperhatikan loyalitas nasabah. Semakin tinggi keunggulan yang dirasakan oleh nasabah maka semakin besar kemungkinan terjadinya hubungan yang nantinya akan menimbulkan nilai loyalitas yang tinggi dikalangan para nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Kepercayaan dalam memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility dan Islamic Banking Service Quality terhadap loyalitas nasabah bank syariah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BNI Syariah di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel pada menggunakan teknik incidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 95 nasabah. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa loyalitas nasabah bank syariah, Corporate Social Responsibility, Islamic Banking Service Quality, dan kepercayaan dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Islamic Banking Service Quality berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah bank syariah. Kepercayaan tidak mampu memperkuat pengaruh Corporate Social Responsibility dan Islamic Banking Service Quality terhadap loyalitas nasabah bank syariah. Kesimpulan bahwa loyalitas nasabah bank syariah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Corporate Social Responsibility, Islamic Banking Service Quality Saran yang diberikanyaitu Corporate Social Responsibility pada indikator ekonomi harus ditingkatkan dengan cara lebih banyak melakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan pelatihan keahlian di masyarakat sehingga masyarakat akan memiliki pendapatan karena keahlian dan Islamic Banking Service Quality harus terus ditingkatkan dengan cara meningkatkan kualitas sarana prasarana, meningkatkan kecepatan dalam memberikan tanggapan dan penanganan terhadap nasabah, meningkatkan strategi dalam penyampaian informasi dan promosi, sehingga nasabah akan loyal terhadap bank syariah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Islamic Banking Service Quality, Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kepercayaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:53
Last Modified: 02 Dec 2020 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41876

Actions (login required)

View Item View Item