MODEL KEBIJAKAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG


AHMAD MIFTAH FARIDH, 8111415255 (2020) MODEL KEBIJAKAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL KEBIJAKAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL KEBIJAKAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan (Pasal 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya). Berdasarkan Perda Kota Semarang Nomor 8 Tahun 2003 tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Kota Lama Semarang menyebutkan bahwa 105 merupakan bangunan cagar budaya. Sebagian besar dalam keadaan kosong, rusak, bahkan roboh. Pemerintah Kota Semarang dan masyarakat juga memiliki kewajiban untuk merawat bangunan Cagar Budaya. Rumusan masalah yang ditulis peneliti adalah (1) Bagaimanakah Model Kebijakan Pengelolaan dan Pemanfaatan bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang? (2) Bagaimanakah upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengatasi hambatan berlakunya Kebijakan Pengelolaan dan Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian normatif dengan melakukan fokus penelitian secara yuridis empiris. Sumber data penelitian berasal dari data primer (studi kepustakaan) dan data sekunder (observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi). Hasil studi kepustakaan dan penelitian menunjukkan bahwa (1) Model Kebijakan Pengelolaan dan Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang sudah baik namun prosesnya masih lambat, masih pada tahap pengembangan. (2) Upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengatasi hambatan berlakunya Kebijakan Pengelolaan dan Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang sudah dilakukan dengan berbagai cara. Simpulan dari penelitian ini yaitu (1) Model Kebijakan Pengelolaan dan Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang yang berlaku adalah Kebijakan Revitalisasi. (2) Bahwa Upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengatasi hambatan berlakunya Kebijakan revitalisasi sudah dilakukan dengan berbagai macam cara, sebagai langkah awal Pemkot Semarang memperbaiki persoalan terbesar yaitu banjir dan rob dengan memperbaiki sistem drainase perkotaan Kali Semarang. Kaitannya dengan bangunan, Pemkot Semarang melakukan renovasi bangunan tanpa mengurangi nilai budaya, dan struktur bangunan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Kebijakan; Pengelolaan dan Pemanfaatan; Cagar Budaya
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 08:05
Last Modified: 30 Nov 2020 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41820

Actions (login required)

View Item View Item