PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN PRODUKSI UNTUK MENJAMIN KELESTARIAN HUTAN DI KABUPATEN PACITAN


ELZA HAMIIDAH, 8111415169 (2020) PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN PRODUKSI UNTUK MENJAMIN KELESTARIAN HUTAN DI KABUPATEN PACITAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN PRODUKSI UNTUK MENJAMIN KELESTARIAN HUTAN DI KABUPATEN PACITAN]
Preview
PDF (PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN PRODUKSI UNTUK MENJAMIN KELESTARIAN HUTAN DI KABUPATEN PACITAN) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Hutan produksi adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok memproduksi hasil hutan. Hutan produksi di Kabupaten Pacitan dikelola oleh perum perhutani. Perum perhutani menjelaskan bahwa pengelolaan hutan produksi yang ada telah dikelola sesuai dengan rencana teknik tahunan perum perhutani. Hutan lestari merupakan hutan yang sumberdaya alamnya tetap tersedia secara terus menerus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan hutan produksi untuk menjamin kelestarian hutan yang ada di Kabupaten Pacitan?; (2) Bagaimana peran serta masyarakat dalam pengelolaan hutan produksi yang ada di Kabupaten Pacitan? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam skripsi ini adalah data primer sebagai utama dan data sekunder sebagai data pelengkap. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini yaitu dengan penelitian, studi kepustakaan dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan hutan produksi yang ada di Kabupaten Pacitan dikelola oleh Perum Perhutani sesuai aturan yang ada dan masyarakat Kabupaten Pacitan berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan-hutan yang ada di Kabupaten Pacitan. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pengelolaan hutan produksi yang ada di Kabupaten Pacitan telah sesuai dengan Undang-Undang No 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan. Pengelolaan hutan produksi tersebut berdasarkan dengan rencana teknik tahunan (RTT) Perum Perhutani. Selain itu masyarakat Kabupaten Pacitan juga berperan aktif dalam pengelolaan hutan-hutan yang ada di Kabupaten Pacitan sehingga hutan-hutan yang ada di Kabupaten Pacitan tetap lestari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Hutan Produksi, Hutan Lestari, Peran Masyarakat, Rencana Teknik Tahunan, Masyarakat Desa Hutan.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 08:01
Last Modified: 30 Nov 2020 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41819

Actions (login required)

View Item View Item