KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA N 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA


Wukir Cahya Utami, 7101416267 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA N 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416267.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share yaitu dengan membentuk kelas eksperimen menjadi beberapa kelompok (berpasangan). Model pembelajaran Think Pair and Share ini diharapkan dapat melatih kemampuan peserta didik untuk menganalisis suatu permasalahan dengan bertukar argumen dengan pasangannya, menjelaskan suatu perbandingan dan membuat suatu kesimpulan terhadap persoalan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share terhadap kreativitas dan kemapuan berpikir kritis ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga. Populasi penelitian ini sebanyak 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 3 dan X IPS 4 SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share efektif terhadap kreativitas dan kemapuan berpikir kritis ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga. Rata-rata hasil tes akhir sebesar 82,39 dengan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 90,91% dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 91,52% artinya aktivitas belajar yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat aktif, serta rata-rata persentase hasil analisis lembar observasi kreativitas siswa sebesar 86,00% dengan kategori sangat kreatif. Saran dari penelitian ini, guru mata pelajaran ekonomi diharapkan melakukan evaluasi terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan di dalam kelas serta dapat mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share untuk materi yang membutuhkan pemahaman lebih tinggi dalam menganalisis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Think Pair and Share.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 06:40
Last Modified: 30 Nov 2020 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41800

Actions (login required)

View Item View Item