EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN E-AGENDA PADA KOMPETENSI MATA PELAJARAN KEARSIPAN
Adisti Eva Rahmaningrum, 7101416258 (2020) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN E-AGENDA PADA KOMPETENSI MATA PELAJARAN KEARSIPAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran peran media pembelajaran sangat penting dalam penyampaian materi. Di era disrupsi 4.0 penggunaan teknologi pada lembaga pendidikan mulai digunakan agar mampu menyeimbangkan perkembangan zaman yang terjadi saat ini. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu kompetensi keahlian yang ada pada SMK Negeri 1 Salatiga dimana dalam proses pembelajaran Kearsipan belum menggunakan media pembelajaran berbasis digital dan belum mampu memanfaatkan penggunaan fasilitas di laboratorium seperti pemanfaatan komputer dan filing cabinet. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan nonequivalen control group design yang bertujuan untuk menguji keefektifan metode demonstrasi berbantuan media pembelajaran e-Agenda pada kompetensi Mata Pelajaran Kearsipan. Subyek penelitian ini terdiri atas 36 orang siswa kelas X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen dan 35 orang siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, kuesioner, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji nomalitas, uji homogenitas, uji paired samples t-test dan independent samples t-test. Berdasarkan uji paired samples t-test dan independent samples t-test hasil penelitian yaitu media pembelajaran e-Agenda efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata praktik menggunakan Media pembelajaran e-Agenda dengan buku agenda dikarenakan signifikansi 2 tailed nya 0,00 < 0,05 sedangkan pada nilai kompetensi tingkat ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 75.03%. Simpulan dari penelitian ini media pembelajaran e-Agenda efektif digunakan dalam pembelajaran kearsipan dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan adanya perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar guru pengampu dapat mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran e-Agenda dalam pembelajaran kearsipan sehingga e-Agenda dapat dijadikan sebagai variasi media pembelajaran pada Mata Pelajaran Kearsipan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Media Pembelajaran, e-Agenda |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41776 |
Actions (login required)
View Item |