PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA TYPING MASTER TERHADAP KECEPATAN MENGETIK 10 JARI BUTA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK PGRI 01 SEMARANG
Anisa Rizki Amalia, 7101416255 (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA TYPING MASTER TERHADAP KECEPATAN MENGETIK 10 JARI BUTA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK PGRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Mengetik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Kemampuan tersebut tentunya akan membantu untuk membekali siswa dalam menghadapi dunia kerja dalam menyelesaikan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data hasil kecepatan mengetik 10 jari buta siswa kelas X OTKP di SMK PGRI 01 Semarang yang tergolong dalam kriteria tuntas masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar, kompetensi profesional guru, lingkungan teman sebaya, dan penggunaan media typing master memiliki pengaruh terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta siswa kelas X OTKP di SMK PGRI 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 73 siswa. Sampel penelitian berjumlah 73 siswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan nonprobability sampling. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, kuesioner, metode tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar, kompetensi profesional guru, lingkungan teman sebaya, dan penggunaan media typing master secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta siswa kelas X OTKP di SMK PGRI 01 Semarang sebesar 68,4%. Sedangkan secara parsial variabel kesiapan belajar sebesar 9,67%, kompetensi profesional guru sebesar 12,25%, lingkungan teman sebaya sebesar 12,46%, dan penggunaan media typing master sebesar 5,66%. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik dan analisis pengujian hipotesis. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan kesiapan belajar, kompetensi profesional guru, lingkungan teman sebaya, dan penggunaan media typing master terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta siswa kelas X OTKP di SMK PGRI 01 Semarang secara simultan dan parsial. Saran dalam penelitian ini adalah siswa harus sering bertanya mengenai materi yang masih kurang jelas, guru harus lebih bisa memanfaatkan fasilitas dan media dalam pembelajaran dengan baik, saling memberikan support atau dukungan antar sesama teman agar lebih giat dalam belajar, serta siswa harus terus belajar dan menghafalkan letak dan dan fungsi dari masing-masing jari saat mengetik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Teman Sebaya, Penggunaan Media Typing Master, dan Kecepatan Mengetik 10 Jari Buta |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:05 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41774 |
Actions (login required)
View Item |