PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, BUDAYA KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PELAYANAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEPARA
Fifi Safitri, 7101415154 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, BUDAYA KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PELAYANAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, BUDAYA KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PELAYANAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEPARA)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan adalah serangkaian aktivitas yang melibatkan seluruh anggota dari suatu perusahaan atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pengunjung dengan hasil yang memuaskan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang ramahnya petugas, pencetakan E-KTP yang memakan waktu berbulan-bulan dan petugas yang kurang cekatan dalam melayani pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, budaya kerja dan disiplin kerja terhadap pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Jepara yang merasakan pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling dan didapatkan responden dengan jumlah 120 orang. Ada lima variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu KP (X1), KI (X2), BK (X3), DK (X4) dan PEL (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 20 diperoleh Y= 1,198 + 0,320KP + 0,274KI + 0,428BK + 0,385DK + e. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung 36,961 sebesar dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Ini membuktikan ada pengaruh secara bersama-sama antara kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, budaya kerja dan disiplin kerja terhadap pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara. Simpulan dalam penelitian ini yaitu secara partial maupun secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, budaya kerja dan disipin kerja terhadap pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara. Saran bagi penelitian ini adalah melakukan pelatihan kerja untuk petugas, membangun budaya senyum, perbaikan pada pembagian tugas kerja petugas, penerbitan E-KTP sesuai dengan waktu yang di tetapkan, meningkatkan teknologi informasi untuk segera merespon kebutuhan pengunjung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pegawai, Komunikasi Interpersonal, Budaya Kerja, Disiplin Kerja, Pelayanan E-KTP |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 02:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 02:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41759 |
Actions (login required)
View Item |