PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2016


Dinda Fauziah Sekardini, 7101415055 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2016]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2016) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat wirausaha merupakan perasaan tertarik seseorang terhadap kegiatan wirausaha dan berkeinginan menjadi seorang wirausaha. Minat wirausaha merupakan salah satu prediktor dari perilaku wirausaha. Berdasarkan data yang diperoleh dari Tracer Study Unnes menunjukkan Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang berwirausaha hingga tahun 2018 belum optimal, sehingga masih diperlukan peningkatan jumlah mahasiswa wirausahanya. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan literasi technopreneurship terhadap minat wirausaha melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 882 mahasiswa. Sampel berjumlah 275 mahasiswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat wirausaha mahasiswa masuk dalam kategori baik, pendidikan kewirausahaan dalam kategori baik, lingkungan keluarga dalam kategori baik, literasi technopreneurship dalam kategori baik, dan self efficacy dalam kategori baik. Secara parsial, minat wirausaha dipengaruhi oleh pendidikan kewirausahaan (10,82%), lingkungan keluarga (3,098%), dan literasi technopreneurship (2,02%), melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, literasi technopreneurship, dan self efficacy berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap minat wirausaha. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa dapat memilih wirausaha sebagai pilihan alternatif karir. Selain diri sendiri yang dapat bekerja, dengan menjadi wirausaha mahasiswa juga dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk orang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Wirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Literasi Technopreneurship, Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:04
Last Modified: 27 Nov 2020 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41752

Actions (login required)

View Item View Item