PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015)


Muhammad Sugeng Prayitno, 7101413361 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015)]
Preview
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha perguruan tinggi dengan memasukan mata kuliah kewirausahaan prodinya belum terlihat hasilnya. Sebagian besar lulusan Fakultas Ekonomi di Perguruan Tinggi lebih memilih untuk mencari pekerjaan, bukan membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya dan juga orang lain atau berwirausaha. Padahal didalam dunia perkuliahan, mereka diberikan pengetahuan tentang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES tahun 2015 yang berjumlah 387 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Release 21. Penelitian ini memberikan beberapa hasil. Hasil analisis deskriptif yaitu (1) minat berwirausaha pada kategori tinggi, (2) pengetahuan kewirausahaan pada kategori tinggi, (3) motivasi berwirausaha pada kategori tinggi (4) status sosial ekonomi pada kategori tinggi (5) self efficacy pada kategori tinggi. Hasil analisis regresi dan koefisien determinasi adalah pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, status sosial ekonomi, self efficacy menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan keempat variabel bebas tersebut berkontribusi sebesar 54% terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain (1) pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, status sosial ekonomi dan self efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (2) pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (3) motivasi berwirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (4) status sosial ekonomi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, (5) self efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah mahasiswa perlu meningkatkan pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan self efficacy agar meningkatkan minat berwirausaha. Selain itu minat berwirausaha juga perlu ditingkatkan dari lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Status Sosial Ekonomi, Self Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:26
Last Modified: 27 Nov 2020 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41745

Actions (login required)

View Item View Item