PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL MENENGAH MEBEL DI KABUPATEN JEPARA
Shifa Putri Lestari, 7101413267 (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL MENENGAH MEBEL DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL MENENGAH MEBEL DI KABUPATEN JEPARA)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan mebel di Kabupaten Jepara dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, hal ini berdampak pada persaingan yang ketat. Tingginya tingkat persaingan mengharuskan pengusaha mebel harus dapat mengembangkan usahanya agar tidak kalah dengan yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bauran pemasaran dan kemampuan manajerial terhadap perkembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan kemampuan manajerial terhadap perkembangan usaha secara bersama-sama atau parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak IKM Mebel di Kabupaten Jepara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 IKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Release 21. Penelitian ini memberikan beberapa hasil. Hasil analisis deskriptif yaitu (1) bauran pemasaran pada kategori tinggi, (2) kemampuan manajerial pada kategori tinggi, (3) perkembangan usaha pada kategori rendah. Hasil analisis regresi dan koefisien determinasi adalah bauran pemasaran dan kemampuan manajerial menunjukan bahwa ada pengaruh dan kedua variabel tersebut berkontribusi sebesar 63% terhadap perkembangan usaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain (1) bauran pemasaran dan kemampuan manajerial berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha, (2) bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha, (3) kemampuan manajerial berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah pengusaha perlu meningkatkan bauran pemasaran agar meningkatkan perkembangan usaha. Selain itu peningkatan kemampuan manajerial juga perlu untuk perkembangan usaha kedepan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Kemampuan Manajerial, Perkembangan Usaha. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 03:15 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 03:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41743 |
Actions (login required)
View Item |