DIALEK PENDALUNGAN JAWA-MADURA DI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)


Amelia Marta Darmawan, 2601416061 (2020) DIALEK PENDALUNGAN JAWA-MADURA DI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601416061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya kontak bahasa Jawa dan Madura yang menyebabkan individu di kecamatan Tanggul menguasai lebih dari satu bahasa, sehingga terjadi alih kode dan campur kode. Hal tersebut juga memunculkan karakteristik yang khas dalam satu bahasa percampuran tersebut. Permasalahan yang diteliti terkait dengan (1) penggunaan bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember; (2) karakteristik bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember; (3) perbedaan bahasa Jawa dialek Pendalungan dengan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi penggunaan bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember; (2) mendeskripsi karakteristik bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember; (3) mengidentifikasi perbedaan bahasa Jawa dialek Pendalungan dengan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran. Data dan sumber data penelitian ini berupa tuturan bahasa Jawa dialek Pendalungan, dihasilkan dari penutur anak Pendalungan dalam konteks kegiatan pergaulan sehari-hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode (1) rekam karena data berupa tuturan anak Pendalungan di lapangan; (2) simak & libat karena peneliti menyimak pembicaraan bahasa Jawa dialek Pendalungan; (3) catat dilakukan dengan cara mengklasifikasikan tuturan Pendalungan di kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) penggunaan bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember yang terdiri dari penggunaan bahasa Jawa ngoko; (2) karakteristik bahasa Jawa dialek Pendalungan di Kecamatan Tanggul, Jember yang terdiri dari alih kode, campur kode, partikel kata, dan ragam lisan; (3) Perbedaan bahasa Jawa dialek Pendalungan dengan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran, yang terdiri dari perbedaan bentuk dan makna antara bahasa Jawa dialek Pendalungan dengan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan penelitian berikutnya, tentang bahasa Jawa dialek Pendalungan di daerah yang lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pembaca mengenai kajian sosiolinguistik khususnya penelitian bahasa Jawa dialek Pendalungan di Tanggul Jember.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa Jawa dialek Pendalungan, penggunaan, karakteristik, perbedaan bahasa Jawa dialek Pendalungan dengan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Cultural Products
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:47
Last Modified: 27 Nov 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41735

Actions (login required)

View Item View Item