HUBUNGAN MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI MOTIF BATIK SISWA KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL PURBALINGGA


Hanifah Izzati, 1401416130 (2020) HUBUNGAN MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI MOTIF BATIK SISWA KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Minat dan kesiapan belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran SBdP materi motif batik. Perolehan hasil belajar SBdP materi motif batik siswa dipengaruhi oleh minat dan kesiapan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan minat belajar siswa terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik siswa kelas V, (2) menguji hubungan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik siswa kelas V, (3) menguji hubungan minat dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa kelas V SD Gugus Imam Bonjol Purbalingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kuota sebanyak 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara untuk variabel minat, kesiapan dan hasil belajar. Instrumen uji coba dilakukan perhitungan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji persyaratan, dan uji hipotesis. Uji persyaratan yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik dengan koefisien korelasi rhitung=0,400 termasuk kategori sedang serta berkontribusi 16%, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajr terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik dengan koefisien korelasi rhitung 0,478 termasuk kategori sedang serta berkontribusi 22,8%, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik rhitung 0,485 termasuk kategori sedang serta berkontribusi 23,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik siswa kelas V SD Gugus Imam Bonjol Purbalingga. Saran bagi guru dan sekolah dapat memperhatikan minat dan kesiapan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar SBdP materi motif batik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar SBdP materi motif batik, kesiapan belajar, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > study habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:29
Last Modified: 26 Nov 2020 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41678

Actions (login required)

View Item View Item