KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MOTIF BATIK SEMARANGAN SISWA KELAS V SD IT BINA AMAL SEMARANG


HERLINA, 1401416129 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MOTIF BATIK SEMARANGAN SISWA KELAS V SD IT BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416129.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi, hasil belajar SBdP materi motif batik masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan media audiovisual terhadap hasil belajar SBdP materi motif batik Semarangan siswa kelas V SD IT Bina Amal Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan pada masingmasing kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tekni tes. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, analisis akhir menggunakan independent sample t-test dan n gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning efektif pada materi motif batik Semarangan kelas V SD IT Bina Amal Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,645 > 2,004 ) dan uji n-gain diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,345 dengan kategori sedang dan hasil uji n-gain kelas control sebesar 0,248 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, hasil belajar SBdP materi motif batik Semarangan, media audiovisual
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:25
Last Modified: 26 Nov 2020 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41677

Actions (login required)

View Item View Item