KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS II SDN GUGUS SRIKANDI SEMARANG


Kurnia Sari Ningrum, 1401416050 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS II SDN GUGUS SRIKANDI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan nilai matematika yang dilakukan di kelas II SDN Gugus Srikandi Semarang diperoleh nilai matematika peserta didik materi perkalian kurang memenuhi kriteria kelulusan minimal (KKM), guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya, serta kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media papan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model model pembelajaran Make A Match berbantuan media papan perkalian terhadap pemahaman konsep perkalian kelas II SDN Gugus Srikandi Semarang Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Gugus Srikandi Semarang dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Pongangan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas II SDN Kandri 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan dokumentasi. Tes hasil nilai pemahaman konsep perkalian yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji z, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media papan perkalian lebih efektif daripada model pembelajaran kelas kontrol berbantuan papan tulis. Ditunjukkan dengan Hasil uji ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih dari 75% yaitu 76,77% sedangkan kelas kontrol 66,33%. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (19,690) > ttabel (2,002), dan hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 0,711 termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 0,194 termasuk kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran make a match berbantuan media papan perkalian lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kelas kontrol berbantuan papan tulias terhadap pemahaman konsep perkalian kelas II SDN Gugus Srikandi Semarang. Saran penelitian ini yaitu penggunaan model dan media pembelajaran tertentu sebaiknya dapat memberikan pengalaman bermakna dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa kesulitan mengikuti pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: make a match; papan perkalian; perkalian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:14
Last Modified: 26 Nov 2020 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41675

Actions (login required)

View Item View Item