HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON TAHUN AJARAN 2019/2020


Siti Maesaroh, 1301415011 (2020) HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301415011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Siswa remaja kategori SMA khususnya kelas XII dalam teori seharusnya sudah mulai mengexplore dirinya menuju kematangan karir. Namun, siswa sering kali mengalami kebimbangan dan penuh keraguan ketika hendak memilih krir untuk masa depannya. Salah satunya siswa-siswa SMA N 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon,berdasarkan hasil data lapangan siswa SMA N 1 Astanajapura memiliki kematangan karir yang rendah. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti semakin tertarik untuk meneliti lebih banyak sampel untuk membuktikan kebenaran antara teori dan data lapangan yang ada. Kematangan karir yang tinggi terjadi karena tingginya internal locus of control dan kecerdasan emosi dalam diri siswa. internal locus of controldan kecerdasan emosi dianggap sebagai salah satu faktor yang memprediksi kematangan karir seseorang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara internal locus of control dan kecerdasan emosi dengan kematangan karir pada siswa SMA Negeri 1 Astanajapura Kab.Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post factodengan design korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SMAN 1 Astanajapura Kab.Cirebon yang jumlahnya 814 dan sampel yang diambil menjadi 247 murid yang ditentukan dari teknik non- probability sampling, teknik ini menghendaki cara pengambilan sampel yang tidak acak. Kemudian menggunakanPurposive Sampling yaitu teknik sampling yang kriteria yang telah dipilih oleh peneliti dalam memilih sampel. Metode pengambilan data menggunakan skala internal locus of control, skala kecerdasan emosi dan skala kematangan karir. Hasil analisis regresi hierarkis menunjukan prediksi antara internal locus of control dan kecerdasan emosi dengan kemtangan karir yang sangat signifikan (R= 0,555, F=54,374, p<0,000) dengan presentase 30,8%. Hal tersebut memprediksi bahwa internal locus of control dan kecerdasan emosi secara simultan kematangan karir sebesar 30,8%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan guru BK agar lebih memperhatikan layanan dalam bidang karir yang terkait dengan peningkatan internal locus of control dan kecerdasan emosi siswa baik dalam bentuk layanan klasikal,kelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Karir, Internal locus of control, Kecerdasan Emosi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:04
Last Modified: 26 Nov 2020 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41673

Actions (login required)

View Item View Item