PRIBUMISASI PENDIDIKAN: STUDI MENGENAI KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA SEDULUR SIKEP SUKOLILO PATI
Selamet Riyadli, 3401416078 (2020) PRIBUMISASI PENDIDIKAN: STUDI MENGENAI KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA SEDULUR SIKEP SUKOLILO PATI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PRIBUMISASI PENDIDIKAN: STUDI MENGENAI KONSTRUKSI SOSIAL BUDAYA SEDULUR SIKEP SUKOLILO PATI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Munculnya berbagai bentuk penindasan dan ketidakadilan terus menyelimuti identitas Sedulur Sikep. Padahal identitas tersebut menjadi ciri khas dan karakter yang lahir dari ajaran Kesedulursikepan sebagai pedoman hidup. Peran pendidikan sebagai katalisator dalam masyarakat menjadi strategi yang penting. Maka dari itu, model pendidikan lokal menjadi rule of life yang dipilih sebagai strategi mempertahankan budaya Sedulur Sikep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasionalisasi Sedulur Sikep melakukan pendidikan lokal, model pendidikan lokal, dan konstruksi identitas kultural yang diinternalisasikan melalui pendidikan lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif varian etnografi yang dilakukan di Sukolilo Kabupaten Pati. Subjek penelitian adalah masyarakat Sedulur Sikep Sukolilo. Informan berjumlah 20 orang terdiri dari informan utama, informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi dan wawancara etnografis. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Teknik Triangulasi Hasil penelitian menunjukan bahwa rasionalisasi Sedulur Sikep melakukan pendidikan lokal distimulus oleh adanya ajaran pendidikan Ki Samin Surosentiko dan politik identitas yang lahir sebagai kebijaksanaan kultural. Model pendidikan lokal yang dipraktikkan adalah model pendidikan utama, terdiri dari pendidikan dalam keluarga dan menjadi petani, diikuti dengan model pendidikan berbasis nilai-nilai Budaya Jawa yang saling berkorelasi untuk mentransmisikan ajaran lokal kepada generasinya. Konstruksi identitas kultural yang ingin ditunjukkan adalah menjadi masyarakat lokal yang kritis melalui tata nilai dan wujud kecintaan pada Kendeng. Ada pula representasi ajaran Sedulur Sikep yang dimanifestasikan melalui mitos pendidikan yang menjadi spirit untuk melakukan pendidikan lokal yang diiringi dengan pengaplikasian sistem religi dan pengetahuan warisan leluhur. Saran, pentingnya memberikan motivasi pendidikan dari orang tua kepada generasinya yang diselaraskan dengan rasa solidaritas sosial yang kuat dari warga Sedulur Sikep. Selain itu, pentingnya peran pemerintah untuk memfasilitasi dan mendukung pendidikan lokal agar nantinya dapat dijadikan rujukan model yang serupa di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas Kultural, Pendidikan Lokal, Sedulur Sikep |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 07:36 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 07:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41669 |
Actions (login required)
View Item |