SURVEI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SMP SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES


Muallipul Arobi Al ahmadi, 6101415166 (2020) SURVEI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SMP SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SMP SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (SURVEI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SMP SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan ini adalah berdasarkan observasi di sekolahsekolah menengah pertama se-Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes didapatkan informasi bahwa semua sekolah di Kecamatan Bantarkawung sudah menerapkan kurikulum 2013, namun dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menerapkan pendekatan saintifik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran penjasorkes SMP di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajran, evaluasi atau penilaian pada pembelajaran penjasorkes di SMP se-Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah 10 SMP yang sudah menerapkan kurikulum 2013 di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Subyek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes, siswa kelas VIII, dan kepala sekolah di SMP Se-Kecamtan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian komponen pendekatan saintifik pada pembelajaran penjasorkes di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes menerangkan bahwa pada perencanaan pembelajaran, RPP semua guru penjasorkes sudah sesuai sintak dalam pendekatan saintifik. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran semua guru hanya melakukan kegiatan mengamati, menanya, dan mencoba sehingga dua kegiatan saintifik yaitu menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan tidak dilakukan atau terlewati.. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran penjasorkes di SMP Se-Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes belum terlaksana dengan baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes aspek saintifik belum sepenuhnya dilaksanakan. Saran dalam penelitian ini adalah pada perencanaan guru hendaknya melakukan proses perbaikan RPP yang disesuaikan dengan karakter peserta didik masingmasing meskipun mengadopsi dari RPP yang dibuat secara bersama-sama satu MGMP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru hendaknya melakukan kegiatan sesuai dengan apa yang ada dalam RPP yang dibuat. Pengetahuan, keterampilan, materi yang sudah diperoleh dari pelatihan, hendaknya benarbenar diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Selain itu aktivitas siswa perlu dioptimalkan guna terwujudnya pembelajaran yang efektif dan efisien dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Pendekatan Saintifik, Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:10
Last Modified: 23 Nov 2020 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41648

Actions (login required)

View Item View Item