ANALISIS KUAT LEKAT TULANGAN POLOS BAMBU APUS MENGGUNAKAN LARUTAN PENGAWET BORATE PADA BETON


Attabatul Aulia Robi, 5101414025 (2020) ANALISIS KUAT LEKAT TULANGAN POLOS BAMBU APUS MENGGUNAKAN LARUTAN PENGAWET BORATE PADA BETON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KUAT LEKAT TULANGAN POLOS BAMBU APUS MENGGUNAKAN LARUTAN PENGAWET BORATE PADA BETON]
Preview
PDF (ANALISIS KUAT LEKAT TULANGAN POLOS BAMBU APUS MENGGUNAKAN LARUTAN PENGAWET BORATE PADA BETON) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bambu merupakan produk hasil alam yang dapat diperbaharui serta memiliki kuat tarik yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif baru pengganti tulangan baja pada beton. Bambu memiliki umur pakai yang sangat relatif singkat dibandingkan kayu, karena sifat rentang terhadap organisme biologis. Penelitian ini menggunakan jenis bambu apus (Gigantochloa apus), kemudian bambu diawetkan dengan metode VSD (Vertical Soak Diffusion) menggunakan larutan borate. Angregat campuran beton dengan komposisi 1 bagian semen, 2 bagian pasir, dan 3 bagiam kerikil. Pengujian yang dilakukan diantaranya adalah kuat tekan beton dan kuat lekat tulangan bambu dengan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kuat lekat bambu apus pada beton dengan dua perlakuan yaitu pengawetan menggunakan larutan borate konsentrasi 10% dan tanpa pengawetan. Hasil pengujian menunjukan, bahwa kuat tekan beton pada umur 28 hari diperoleh sebesar 22,14 MPa, serta kuat lekat tulangan bambu apus yang di awetkan menggunakan larutan borate konsentrasi 10% adalah 0,086 MPa dan kuat lekat tulangan bambu apus yang tidak di awetkan adalah 0,074 MPa. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kuat tarik bambu apus diawetkan dengan tanpa diawetkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bambu apus, pengawetan bambu, Vertical Soak Diffusion, larutan borate, tulangan bambu, beton,kuat lekat
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:39
Last Modified: 19 Nov 2020 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41558

Actions (login required)

View Item View Item