ANALISIS KORELASI DAN KONTRIBUSI KREATIVITASDENGAN INTENSI CALON GURU BIOLOGI UNNES MENJADI TEACHERPRENEUR
Defi Fina Handayani, 4401415011 (2020) ANALISIS KORELASI DAN KONTRIBUSI KREATIVITASDENGAN INTENSI CALON GURU BIOLOGI UNNES MENJADI TEACHERPRENEUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KORELASI DAN KONTRIBUSI KREATIVITASDENGAN INTENSI CALON GURU BIOLOGI UNNES MENJADI TEACHERPRENEUR)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada era revolusi industri 4.0 peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi perhatian semua pihak. Integrasi pendidikan kewirausahaan dalam pendidikan sains dapat meningkatan kualitas pendidikan. Individu yang inovatif diawali dengan memiliki kreativitas yang tinggi. Calon guru yang memiliki kreativitas memungkinkan terlibat dalam entrepreneurship dan dapat menaikkan intensi menjadi teacherpreneur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk analisis korelasi dan kontribusi kreativitas dengan intensi calon guru biologi UNNES menjadi teacherpreneur. Penelitian kuantitatif dianalisis dengan strategi penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UNNES angkatan 2015, 2016, dan 2017. Sampel penelitian berjumlah 190 mahasiswa yang ditentukan secara proporsional random sampling. Kreativitas calon guru diukur dengan skala kreativitas. Intensi calon guru biologi UNNES menjadi teacherpreneur diukur dengan skala intensi menjadi teacherpreneur. Hasil analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS. Dari hasil perhitungan, diketahui nilai Sig. yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi 0,432 (termasuk dalam kategori sedang) menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kreativitas dan intensi calon guru biologi menjadi teacherpreneur. Kontribusi kreativitas terhadap intensi calon guru biologi menjadi teacherpreneur yaitu 18,5%. Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan dengan intensi calon guru biologi menjadi teacherpreneur. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= 162,759 + 2,132X.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, intensimenjadi teacherpreneur, calon guru biologi. |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education Q Science > QR Microbiology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 07:06 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 07:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41525 |
Actions (login required)
View Item |