KEMAMPUAN BERNYANYI TANPA IRINGAN MUSIK STUDI KASUS SISWA SEKOLAH WATTONGLONGMITTRAP 198


Purniawan Wibisono, 2501414078 (2020) KEMAMPUAN BERNYANYI TANPA IRINGAN MUSIK STUDI KASUS SISWA SEKOLAH WATTONGLONGMITTRAP 198. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERNYANYI TANPA IRINGAN MUSIK STUDI KASUS SISWA SEKOLAH WATTONGLONGMITTRAP 198]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERNYANYI TANPA IRINGAN MUSIK STUDI KASUS SISWA SEKOLAH WATTONGLONGMITTRAP 198) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Menyanyikan lagu tanpa menggunakan iringan musik secara bersama sulit dilakukan bagi siswa Sekolah Wattonglongmittrap 198 Hatyai, Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan siswa menyanyikan lagu kebangsaan Phleng Chat Thai tanpa menggunakan iringan musik di Sekolah Wattonglongmittrap 198 Hatyai, Thailand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan bernyanyi siswa Sekolah Wattonglongmittrap 198 Hatyai, Thailand memiliki konstruksi musikal dan bahasa yang kurang tepat. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kesalahn yang dilakukan oleh siswa secara berulang ketika menyanyikan lagu kebangsaan Phleng Chat Thai, baik dari segi ritmis, nilai nada, tempo, dinamika dan artikulasi. Saran pada studi kasus ini sebaiknya guru memberikan pembelajaran secara rinci mengenai bernyanyi lagu kebangsaan Phleng Chat Thai dengan baik dan benar sesuai teori musik yang ada, sehingga siswa lebih paham dalam menyanyikan lagu tersebut. Perbaiki kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyanyikan lagu kebangsaan Phleng Chat Thai secara berkala, sehingga tidak menjadi kesalahan berulang yang pada akhirnya menjadi sebuah kebenaran. Gunakan iringan musik, dirigen, dan pengambilan nada awal sebagai media untuk membantu mengingat nada dasar yang akan dimainkan, cepat lambatnya tempo serta dinamika yang harus diekspresikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Bernyanyi, Lagu Kebangsaan, Iringan Musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:23
Last Modified: 19 Nov 2020 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41493

Actions (login required)

View Item View Item