PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUMBUHAN BAGI ANAK


HERLINA WIDYASTUTI, 2411413002 (2020) PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUMBUHAN BAGI ANAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUMBUHAN BAGI ANAK]
Preview
PDF (PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUMBUHAN BAGI ANAK) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang sering kita jumpai di sekitar. Dalam kehidupan, tumbuhan memiliki berbagai peranan besar. Selain sebagai penghasil oksigen yang kita hirup, beberapa contoh ketergantungan itu antara lain adalah pangan, minuman, obat-obatan, bahan bangunan, sandang, bahan bakar, bahkan kebutuhan keindahan dan hiasan. Namun sayangnya, tidak semua orang peduli akan keberadaan tumbuhan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan ilmu tumbuhan. Karena pentingnya keberadaan tumbuhan bagi kehidupan, pengenalan ilmu tumbuhan perlu diajarkan kepada anak-anak. Anak-anak memiliki peranan penting sebagai generasi penerus bangsa yang akan turut serta menjaga dan membangun kelestarian lingkungan. Diharapkan nantinya pengetahuan tersebut tumbuh menjadi kebiasaan yang baik dimasa dewasanya nanti. Melalui ilmu desain komunikasi visual, penulis memberikan alternatif sarana belajar untuk anak-anak dalam bidang ilmu tumbuhan untuk membangun pemahaman anak-anak mengenai tumbuhan melalui sebuah buku bergambar dengan judul “Mengenal dan Memahami Tumbuhan”. Buku bergambar tersebut dibagi menjadi dua seri untuk seri kelas 1, 2, 3, dan seri kelas 4, 5, 6. Proses perancangan buku bergambar tersebut dilakukan dengan teknik digital menggunakan software Adobe Photoshop. Proses perancangan ini melalui beberapa tahapan proses berkarya yaitu proses pra produksi, proses produksi, dan proses pasca produksi. Semua ilustrasi yang terangkai dalam buku bergambar merupakan representasi dari materi mengenai ilmu tumbuhan. Semua karya tersebut dikaji melalui spesifikasi, deskripsi, dan analisisnya. Ditinjau dari hasil analisis dalam segi estetis dan ilustratif, karya buku bergambar ini memiliki tampilan yang komunikatif dalam menyampaikan ilmu tumbuhan melalui ilustrasi gaya realis dengan sentuhan karakteristik ceria dan dekoratif. Dalam analisis komunikasi, karya ini mereprentasikan materi dengan jelas. Melalui rancangan buku bergambar ini, diharapkan dapat membantu dan memotivasi anak-anak dalam mempelajari ilmu tumbuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Buku Bergambar, Media Pengenalan, Tumbuhan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:13
Last Modified: 19 Nov 2020 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41484

Actions (login required)

View Item View Item