UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI 3 (TIGA) SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG


AYU ISNAWAROH, 3101416027 (2020) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI 3 (TIGA) SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI 3 (TIGA) SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI 3 (TIGA) SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru yang telah bersertifikasi harus menguasai beberapa kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Namun, saat ini masih ada beberapa guru atau pendidik yang mengalami penurunan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, entah faktor internal maupun faktor eksternal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah yang peneliti ambil yaitu: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik dan kepribadian guru yang telah bersertifikasi dalam pembelajaran sejarah di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang, serta (2) Bagaimana upaya guru yang telah bersertifikasi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kepribadian dalam pembelajaran sejarah di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kepribadian guru yang telah bersertifikasi dalam pembelajaran sejarah di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang, serta (2) Untuk mengetahui upaya guru yang telah bersertifikasi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kepribadian dalam pembelajaran sejarah di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang. Sumber data di dalam penelitian ini yaitu 3 (tiga) SMA negeri yang ada di Kabupaten Semarang yang meliputi SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 1 Ambarawa, dan SMA Negeri 1 Susukan. Data penelitian di dalam penelitian ini yaitu guru sejarah yang telah bersertifikasi di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang. Sasaran penelitian membahas upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan kepribadian guru bersertifikasi dalam pembelajaran sejarah di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dengan analisis interaksi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik dan kepribadian guru yang telah bersertifikasi di 3 (tiga) SMA negeri Kabupaten Semarang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Upaya guru di dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan sekolah, pemerintah atau instansi lain yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, dan upaya guru di dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dengan selalu menaati peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian, Guru Bersertifikasi, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:15
Last Modified: 17 Nov 2020 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41414

Actions (login required)

View Item View Item