EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA SMA N 5 SEMARANG
Novita Andriani, 2302414028 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA SMA N 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA SMA N 5 SEMARANG)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kosakata memiliki peranan yang penting dalam penguasaan suatu bahasa, tidak terkecuali untuk penguasaan bahasa Jepang. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA dan XI IPS SMA Negeri 5 Semarang tanggal, para siswa kurang menguasai kosakata bahasa Jepang setelah diajarkan kosakata dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) dengan media PPT, terutama kelas XI IPS. Hal ini menyebabkan hasil nilai ulangan kelas XI IPS lebih rendah daripada kelas XI IPA walaupun diajarkan oleh guru dan penggunan media yang sama saat pembelajarannya. Berdasarkan hasil wawancara di kelas XI IPS, media pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurangnya siswa menguasai kosakatabahasa Jepang yang telah diajarkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan crossword puzzle, sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa SMA Negeri 5 Semarang dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media tersebut. Metode penelitian menggunakan deskripstif kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan kuasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control grup design, kemudian dihitung meggunakan rumus t-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai rata-rata N-Gain(%) kelas eksperimen adalah 57, 4% tergolong kategori tafsiran cukup efektif dan untuk N-Gai(%) kelas kontrol adalah 34,2% tergolong kategori tafsiran kurang efektif. Untuk uji-t N-Gain(%) diperolah diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,615 > 2,00 dan nilai Sig. 2-tailed 0,011> 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa SMA Negeri 5 Semarang. Dari hasil angket 81,9% siswa menjawab “Ya” memberi tanggapan positif sedangkan 18,1% siswa menjawab “Tidak” atau memberi tanggapan negatif. Hal ini membuktikan bahwa crossword puzzle efektif untuk meningkatkan pembelajaran kosakata dan dapat menjadi media alternatif dalam pembelajaran bahasa Jepang, karena menarik dan dapat menambah keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Crossword Puzzle, Kosakata Bahasa Jepang |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 00:55 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 00:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41377 |
Actions (login required)
View Item |