Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Stokiometri melalui Langkah Polya


Andhiena Miftamumtaza Noorarniea, - and Kasmadi Imam Supardi, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia and Karnawan, - (2019) Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Stokiometri melalui Langkah Polya. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (2). pp. 2414-2424. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Turnitin Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Stokiometri melalui Langkah Polya.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Stokiometri melalui Langkah Polya.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dominan atau sering terjadi pada siswa dalam mengerjakan soal stoikiometri melalui langkah Polya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan subyek penelitian sebanyak 36 siswa kelas X IPA 2 yang kemudian dikelompokkan dengan kriteria 2 siswa kelompok atas, 2 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Penelitian dilakukan dengan memberikan tes tertulis berupa tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan yang lebih dominan dilakukan oleh 6 siswa sebagai subjek penelitian adalah (i) kesalahan konsep sebanyak 33% yang disebabkan siswa tidak memahami konsep yang dipakai untuk menyelesaikan soal. Kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa antara lain: (ii) kesalahan menggunakan data sebanyak 3%; (iii) kesalahan teknis sebanyak 10% yang disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan; (iv) kesalahan penarikan kesimpulan sebanyak 54% karena siswa salah dalam menyimpulkan hasil akhirnya serta siswa tidak memeriksa kembali jawabannya. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran guru hendaknya menjelaskan langkah-langkah dalam mengerjakan soal menggunakan langkah Polya serta menekankan pada langkah memahami masalah dan merencanakan penyelesaian agar kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi stoikiometri tidak terulang lagi. Siswa diberikan latihan soal yang lebih banyak dan bervariasi agar lebih meningkatkan pemahaman tentang konsep materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis, langkah polya, stoikiometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:08
Last Modified: 12 Nov 2020 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41306

Actions (login required)

View Item View Item