Analisis Literasi Kimia Peserta Didik melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains
Maulinda Imansari, - and Sudarmin, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia (2018) Analisis Literasi Kimia Peserta Didik melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12 (2). ISSN 1979-0503
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi kimia peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri bermuatan etnosains pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan desain penelitian OneShot Study Case. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Metode tes berupa soal literasi kimia berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 butir soal yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi kimia peserta didik pada aspek konten, konteks, dan kompetensi, serta metode angket untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan literasi kimia peserta didik pada sapek konten, konteks, dan kompetensi berada pada kategori kurang, sedangkan untuk aspek sikap peserta didik terhadap kimia dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri bermuatan etnosains kemampuan literasi kimia peserta didik berada dalam kategori cukup.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnosains, inkuiri, literasi kimia |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 02:00 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 02:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41305 |
Actions (login required)
View Item |