Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA
Achmad Vandian Nur, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1910-1920. ISSN 1979-0503
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (332kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan dua sampel, yaitu kelompok eksperimen yang menggunaan metode Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran klasikal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji t, uji ketuntasan belajar dan uji korelasi biserial. Uji t menunjukkan hasil thitung (2,989) lebih dari t(0,95)(62) (1,998) artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi dengan angka korelasi sebesar 0,45 dan uji koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 19,81%. Disimpulkan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided note taking, kimmy-games, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 00:54 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 00:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41295 |
Actions (login required)
View Item |