EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING TEKNIK AKROSTIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TATA SURYA


Febriana Solikhah, 4001413025 (2020) EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING TEKNIK AKROSTIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING TEKNIK AKROSTIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TATA SURYA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING TEKNIK AKROSTIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TATA SURYA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Materi Tata Surya secara keseluruhan merupakan materi yang nyata ada di sekitar kita, namun bersifat abstrak sehingga tidak cukup jika diajarkan hanya menggunakan papan tulis dan media 2 dimensi lainnya. Materi Tata Surya selain bersifat abstrak juga merupakan materi yang banyak mengandung istilah-istilah asing. Dibutuhkan daya ingat yang tinggi untuk memahami materi Tata Surya. Pembelajaran yang sesuai untuk di terapkan dalam materi Tata Surya adalah pembelajaran Quantum Learning teknik Akrostik. Quantum Learning teknik Akrostik merupakan strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat siswa menggunakan jembatan keledai dalam suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Quantum Learning teknik Akrostik pada pemahaman konsep dan kreativitas siswa materi Tata Surya. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII A-VII 1 SMP Negeri 32 Semarang tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas control. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil uji N-gain menunjukkan terjadi peningkatan nilai pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0,414 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,274. Hasil analisis uji t memperlihatkan thitung=3,14 lebih dari ttabel=1,82 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menunjukkan terjadi peningkatan nilai kreativitas siswa kelas eksperimen aspek kelancaran sebesar 0,59, aspek keluwesan sebesar 0,43, aspek keaslian sebesar 0,30 dan aspek kerincian sebesar 0,47 sedangkan kelas kontrol aspek kelancaran sebesar 0,45, aspek keluwesan sebesar 0,53, aspek keaslian sebesar 0,36 dan aspek kerincian sebesar 0,22. Quantum learning teknik akrostik efektif pada pemahaman konsep dan kreativitas siswa karena memenuhi indikator efektivitas yaitu peningkatan dan perbedaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: quantum learning, teknik akrostik, pemahaman konsep, kreativitas.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:42
Last Modified: 11 Nov 2020 08:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41290

Actions (login required)

View Item View Item