PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PPKN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ADOBE FLASH DENGAN POWER POINT DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN 2019/2020
Ibnu Fazrur Rahman, 3301414088 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PPKN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ADOBE FLASH DENGAN POWER POINT DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PPKN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ADOBE FLASH DENGAN POWER POINT DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN 2019/2020)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberadaan media pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam mempermudah proses penyampaian ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Oleh karena itu, suatu proses pembelajaran harus didukung oleh media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran berbasis komputer adobe flash dan power point, merupakan media pembelajaran yang dapat membantu memperjelas penyampaian materi oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perbedaan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis komputer adobe flash dengan power point dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 41 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan media pembelajaran berbasis komputer adobe flash dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan perlakuan media pembelajaran power point. Variabel pada penelitian ini adalah prestasi belajar dengan media pembelajaran adobe flash dan prestasi belajar dengan media pembelajaran power point. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan bantuan SPSS 21 dengan uji independent t test dan Ms. Excel 2010. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif. Hal ini dapat diketahui melalui perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 21 dengan menggunakan uji independent t test. Sedangkan pada hasil belajar afektif dan psikomotorik tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Hal ini dapat diketahui baik penilaian afektif maupun psikomotorik tergolong cukup. Berdasarkan hasil tersebut, saran yang diajukan yaitu: (1) Bagi guru, hendaknya menerapkan media pembelajaran berbasis komputer adobe flash sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran PPKn. (2) Bagi sekolah, supaya dapat meningkatkan fasilitas penujang proses pembelajaran yang dapat menunjang peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPKn, Adobe Flash, Power Point |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Cooperative Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 07:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 07:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41269 |
Actions (login required)
View Item |