HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Noviana Cahya Risadi, 2301415046 (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMA NU AL MA’RUF KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMA NU AL MA’RUF KUDUS)
- Published Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Berbicara merupakan kemampuan manusia dalam mengucap bunyi-bunyi artikulasi dan kata-kata yang memililki arti untuk menyampaikan pendapat atau informasi dan mudah diterima orang lain. Sedangkan keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat maupun informasi secara lisan dan mudah dipahami orang lian. Untuk dapat berbicara secara baik dan benar dalam suatu bahasa, penutur harus menguasai kosakata yang berkaitan dengan materi yang dibicarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata, keterampilan berbicara, dan mengetahui kesalahan apa yang terdapat pada hasil tes penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Perancis siswa kelas X SMA NU AL Ma’ru Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NUAL Ma’ruf Kudus, dan sampel dari penelitiaan ini adalah siswa kelas X jurusan Bahasa SMA NU AL MA’ruf Kudus yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen untuk mengambil data pada penelitian ini adalah tes penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara bahasa Perancis. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, dan untuk uji reliabilitas instrumen menggunakan KR-20 untuk tes kosakata serta rumus alpha untuk mengetahui reliabilitas tes berbicara, dan rumus product moment digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis dari penelitian menunjukan bahwa: (1) penguasaan kosakata bahasa Perancis siswa kelas X jurusan bahasa dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata sebesar 76. (2) keterampilan berbicara siswa termasuk dalam kategori baik dengan hasil nilai rata-rata sebesar 83. (3) kesalahan yang terdapat dalam tes penguasaan kosakata adalah salah dalam menerjemahkan kata dan menetukan kelas kata. Sedangkan kesalahan yang terdapat dalam tes keterampilan berbicara adalah salah dalam pengucapan kosakata. (4) terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Perancis, dengan hasil (r) hitung (0,425) yang lebih besar dari (r) tabel (0,361).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kosakata, berbicara |
Subjects: | P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 05:48 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 05:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41261 |
Actions (login required)
View Item |