STRATEGI PEMASARAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF DI KOTA DEPOK TAHUN 2019


Yakub Muhammad, 3312416015 (2020) STRATEGI PEMASARAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF DI KOTA DEPOK TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3312416015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai yang mendominasi perolehan saura pada Pemilu legislatif di Kota Depok tahun 2019. Kemenangan PKS ini sekaligus mengalahkan PDIP yang memenangkan pemilu legislatif di Kota Depok tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh PKS dalam meningkatkan perolehan suara masyarakat pada pemilu legislatif Kota Depok (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung PKS dalam meningkatkan perolehan suara masyarakat pada Pemilu legislatif Kota Depok, (3) untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi penghambat PKS dalam meningkatkan perolehan suara masyarakat pada Pemilu legislatif Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara mencari keterangan-keterangan secara rinci terkait strategi pemasaran politik Partai Keadilan Sejahtera dalam meningkatkan perolehan suara pada Pemilu legislatif di Kota Depok tahun 2019. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Ketua Umum DPD PKS Kota Depok, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Kota Depok, Kader DPC PKS Cimanggis Kota Depok dan Kader Ranting PKS Kota Depok. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif dan melakukan reduksi data. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh PKS dalam meningkatkan perolehan suara antara lain menawarkan program kerja yang menarik, mendekati masyarakat, mengunjungi tokoh lokal yang ada di Kota Depok. Memilih caleg yang dibutuhkan oleh masyarakat, (2) Faktor pendukung PKS antara lain dukungan yang didapat PKS dari para tokoh tokoh lokal yang ada di Depok, peran media dalam memberitakan PKS (3) Faktor penghambat PKS dalam meningkatkan perolehan suara antara lain pendanaan, keterbatasan jumlah kader dan kegiatan money politic yang seringkali dilakukan oleh Partai pesaing PKS. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepada DPD PKS Kota Depok diharapkan bisa menambah jumlah kader dam melakukan kaderisasi yang kuat supaya memiliki kader-kader yang kuat dan selalu siap dalam Pemilu. (2) untuk menyebarkan pemberitaan yang positif mengenai PKS kepada masyarakat Kota Depok. (3) mematangkan koordinasi dengan setiap Calegnya. (4) melakukan kegiatan pendidikan politik untuk masyarakat, kegiatan pendidikan politik dapat dilakukan melalui jalur pendidikan, kegiatan masyarakat, media massa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Politik, Partai Keadilan Sejahtera, Pemilu Legislatif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Participation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:50
Last Modified: 10 Nov 2020 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41194

Actions (login required)

View Item View Item