PILIHAN BAHASA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nesi Jumaida, 2111416035 (2020) PILIHAN BAHASA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PILIHAN BAHASA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PILIHAN BAHASA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pilihan bahasa (language choice) merupakan salah satu fenomena kebahasaan yang hampir selalu terjadi. Terlebih pada masyarakat dwibahasa atau bahkan multibahasa yang dapat memilih penggunaan kode ketika berkomunikasi dengan orang lain. Demikian pula yang terjadi pada masyarakat kampus khususnya pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang dengan berbagai latar belakang daerah, dialek bahasa yang digunakan, dan kecenderungan penggunaan bahasa tertentu. Permasalahan terjadi ketika seorang mahasiswa dalam ranah pergaulan dihadapkan pada penggunaan bahasa yang sesuai dengan mitra tutur yang kurang akrab atau mitra tutur yang tidak menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana wujud pilihan bahasa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang? dan (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan bahasa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan pendekatan praktis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Adapun pendekatan praktis yang digunakan berupa pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan wacana lisan dan tulisan dalam tuturan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sadap dan metode cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan referensial dan metode padan pragmatis. Daya pilah referensial digunakan untuk menganalisis peristiwa atau kejadian dalam tuturan sehingga diketahui referen yang dimaksud oleh penutur, yakni bentuk pilihan bahasa yang digunakan informan, sedangkan daya pilah pragmatis digunakan untuk mengetahui reaksi mitra tutur yang mana penting dalam menentukan faktor yang melatarbelakangi pilihan bahasa tersebut. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. Pertama, wujud pilihan bahasa oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia meliputi (1) variasi tunggal bahasa, (2) alih kode, dan (3) campur kode. Kedua, faktor pilihan bahasa oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia meliputi (1) partisipan, (2) situasi, (3) fungsi interaksi, dan (4) topik pembicaraan. Berdasarkan hasil simpulan tersebut, peneliti memberikan saran kepada berikutnya untuk meneliti tidak hanya pada satu jurusan, tetapi juga untuk seluruh mahasiswa dalam satu universitas atau bahkan satu Indonesia jika memungkinkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, mahasiswa, Universitas Negeri Semarang.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:20
Last Modified: 10 Nov 2020 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41183

Actions (login required)

View Item View Item