Pengaruh Pembelajaran Akselerasi Siswa Berbakat Intelektual Terhadap Aspek Perkembangan Sosial (Penelitian Terhadap Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)


Siti Maghviroh, 2009 (2009) Pengaruh Pembelajaran Akselerasi Siswa Berbakat Intelektual Terhadap Aspek Perkembangan Sosial (Penelitian Terhadap Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Akselerasi Siswa Berbakat Intelektual Terhadap Aspek Perkembangan Sosial (Penelitian Terhadap Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)]
Preview
PDF (Pengaruh Pembelajaran Akselerasi Siswa Berbakat Intelektual Terhadap Aspek Perkembangan Sosial (Penelitian Terhadap Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)) - Published Version
Download (79kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Pembelajaran Akselerasi Siswa Berbakat Intelektual Terhadap Aspek Perkembangan Sosial (Penelitian Terhadap Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I:Drs. Sutomo, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Suripto, M.Si. Kata kunci : Pembelajaran Akselerasi, Bakat Intelektual, Aspek Perkembangan Sosial. Pembelajaran akselerasi salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak berbakat intelektual. Pembelajaran akselerasi memberikan keuntungan bagi anak berbakat intelektual, namun juga beberapa kelemahan yang perlu diantisipasi dan dipikirkan dengan baik sebelum program ini dilaksanakan. Pembelajaran akselerasi seharusnya didasarkan paradigma bahwa siswa harus berkembang secara alami dan tidak cukup hanya aspek kognitifnya saja tetapi juga aspek emosional dan aspek sosial. Dengan demikian perlu adanya pengkajian yang lebih mendalam mengenai pembelajaran akselerasi agar dapat berjalan dengan baik dan terjadi keseimbangan kemajuan dalam diri siswa baik itu dari aspek perkembangan kognitif, emosional, dan sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah pembelajaran akselerasi mempengaruhi aspek perkembangan sosial siswa berbakat intelektual?” serta “berapa persenkah pengaruh tersebut?”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta yang berjumlah 382 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V akselerasi yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian digunakan untuk mencari validitas, reliabilitas, analisis regresi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear diperoleh persamaan Y= 16,296+0,846X, diperoleh nilai t hitung = 4,634 dan nilai t tabel untuk α =5% dengan df (n-2)= 18 adalah 2,101 jadi nilai t hitungˆ t tabel sehingga Ha diterima. Nilai koefisien determinasinya adalah 54,42%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akselerasi dengan aspek perkembangan sosial siswa berbakat intelektual sebesar 54,42%. Melihat besarnya pengaruh tersebut, maka diperlukan bimbingan bagi siswa akselerasi oleh guru bimbingan konseling atau psikolog untuk memberikan arahan mengenai perkembangan anak serta sesering mungkin mengadakan kegiatan yang dapat menyatukan antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler agar proses sosialisasi siswa akselerasi tetap dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akselerasi, Bakat Intelektual, Aspek Perkembangan Sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2011 01:38
Last Modified: 19 Sep 2011 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item