Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Menumbuhkan Kemampuan Memahami Persamaan Matematis Kinematika Gerak Lurus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2008/2009


Fatih Nahji, 2008 (2008) Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Menumbuhkan Kemampuan Memahami Persamaan Matematis Kinematika Gerak Lurus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Menumbuhkan Kemampuan Memahami Persamaan Matematis Kinematika Gerak Lurus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Menumbuhkan Kemampuan Memahami Persamaan Matematis Kinematika Gerak Lurus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Download (21kB) | Preview

Abstract

Nahji, Fatih. 2008. Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Menumbuhkan Kemampuan Memahami Persamaan Matematis Kinematika Gerak Lurus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : (1) Dr. Hartono, M. Pd. ; (2) Dr. Ngurah Made Darma Putra, M.Si. Kata kunci: Persamaan Matematis, Model Pembelajaran Complete Sentence. Fisika mempelajari tentang kejadian alam yang memungkinkan penelitian melalui percobaan, pengukuran dan penyajian secara matematis berdasarkan pada aturan-aturan umum. Bekal pengetahuan tentang persamaan matematis yang baik sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika. Buku-buku fisika yang kita ketahui di dalamnya terdapat aturan atau prinsip yang akhirnya berbentuk persamaan matematis. Pemahaman persamaan matematis dapat membantu penyelesaian perhitungan-perhitungan fisika. Siswa kelas XI-IPA SMA N 1 Bumiayu belum memahami persamaan matematis yang ada dalam materi fisika terutama yang berhubungan dengan grafik, penurunan rumus, dan penjelasan rumus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan memahami persamaan matematis siswa melalui model pembelajaran complete sentence. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA N 1 Bumiayu. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 63,14, dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 59,50% dan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 72,70 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 86,49%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan memahami persamaan matematis siswa kelas XI-IPA 1 semester 1 SMA N 1 Bumiayu dan mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Sebagai salah satu prosedur didaktik, maka model pembelajaran complete sentence dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persamaan Matematis, Model Pembelajaran Complete Sentence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2011 01:35
Last Modified: 19 Sep 2011 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item