KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA
VETY AULIASARI, 0403514034 (2019) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA)
Download (999kB) | Preview |
Abstract
Auliasari, Vety. 2019. “Keefektifan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Inquiry Approach terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Si., Pembimbing II Dr. Suharto Linuwih, M.Si. Kata Kunci: think talk write, inkuiri, komunikasi ilmiah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi ilmiah siswa antara kelompok yang diberikan pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach dengan kelompok yang menggunakan pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen yang dilaksanakan pada kelas XI Persiapan Grafika SMK Islam Al Bisyri Kota Semarang, dengan membandingkan kelompok pembelajaran Think talk write berbasis inquiry approach dan pembelajaran eksperimen. Variabel yang diteliti adalah kemampuan komunikasi ilmiah yang diperoleh melalui observasi saat pembelajaran. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney U dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi ilmiah pada kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach yang dilihat dari empat komponen yaitu kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach memiliki kemampuan mengakses dan memanfaatkan sumber pustaka yang mutakhir, kemampuan menyumbangkan gagasan dalam kerja kelompok, kemampuan menyusun laporan sesuai dengan panduan laporan karya ilmiah, lebih baik daripada pembelajaran eksperimen, tetapi pada komponen mengkomunikasikan produk atau laporan secara lisan (presentasi) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach dengan kelompok pembelajaran eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: think talk write, inkuiri, komunikasi ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41071 |
Actions (login required)
View Item |