KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA


VETY AULIASARI, 0403514034 (2019) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN  THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI  ILMIAH SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS INQUIRY APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA)
Download (999kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Auliasari, Vety. 2019. “Keefektifan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Inquiry Approach terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Si., Pembimbing II Dr. Suharto Linuwih, M.Si. Kata Kunci: think talk write, inkuiri, komunikasi ilmiah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi ilmiah siswa antara kelompok yang diberikan pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach dengan kelompok yang menggunakan pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen yang dilaksanakan pada kelas XI Persiapan Grafika SMK Islam Al Bisyri Kota Semarang, dengan membandingkan kelompok pembelajaran Think talk write berbasis inquiry approach dan pembelajaran eksperimen. Variabel yang diteliti adalah kemampuan komunikasi ilmiah yang diperoleh melalui observasi saat pembelajaran. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney U dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi ilmiah pada kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach yang dilihat dari empat komponen yaitu kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach memiliki kemampuan mengakses dan memanfaatkan sumber pustaka yang mutakhir, kemampuan menyumbangkan gagasan dalam kerja kelompok, kemampuan menyusun laporan sesuai dengan panduan laporan karya ilmiah, lebih baik daripada pembelajaran eksperimen, tetapi pada komponen mengkomunikasikan produk atau laporan secara lisan (presentasi) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok pembelajaran think talk write berbasis inquiry approach dengan kelompok pembelajaran eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: think talk write, inkuiri, komunikasi ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:22
Last Modified: 05 Nov 2020 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41071

Actions (login required)

View Item View Item